BPK PENABUR Cimahi

Senin, 01 Maret 2010

Keberadaan sekolah-sekolah Kristen di bawah Yayasan BPK PENABUR Cimahi dilatarbelakangi oleh 2 hal. Pertama, adanya kerinduan antara Jemaat GKI Jabar Cimahi untuk membuka sekolah Kristen yang diharapkan dapat menopang pertumbuhan jemaat.
Kedua, kerinduan menjadi semakin terbuka lebar manakala tahun 1957 banyak sekolah asing yang ditutup menyusul keluarnya peraturan pemerintah yang melarang sekolah asing beroperasi di Indonesia. Sementara sekolah-sekolah swasta yang menggantikannya kurang mendapat sambutan dari masyarakat.
Melihat pernyataan tersebut, Majelis Jemaat GKI Jabar terpanggil untuk segera mewujudkan cita-citanya, yaitu mendirikan sekolah. Pada Agustus 1961 dimulailah misi itu dengan membuka Sekolah Rendah. Pembukaan sekolah ini atas persetujuan Ketua Pengurus Harian BPK Djabar yang saat itu diketuai Lie Bing Giok.
Pada 1 Juni 1961 diangkatlah pengurus BPK Djabar Cimahi uang tertuang dalam SK No. 38/I/TK/62. Susunan pengurus BPk Djabar Cimahi yang pertama adalah ketua : Lay Djit Siong, wakil ketua : Siem Tek Hok, penulis : Oey Hay San, bendahara : Yap Bing Tiong, dan komisaris : Yo Kiat Lin.
Pada awalnya proses belajar mengajar berlangsung di gedung bekas sekolah swasta di Jl. Pabrik Aci Cimahi; tersiri atas 5 runag kelas untuk taman kanak-kanak dan sekolah rendah kelas 1 sampai kelas 5.
Jumlah siswa awal berdiri 40 anak dengan lima orang guru dan seorang kepala sekolah, Ny Tan Tjiang Bie. Tahun berikutnya, jumlah ruang semakin beerkurang seiring dengan dimanfaatkannya ruang sekolah itu oleh pihak lain. Pengurus berusaha bertahan, tapi tidak membuahkan hasil.
Apa boleh buat, pada tahun 1964 beberapa ruang di kompleks GKI Jabar Cimahi di Jl. Pecinan pun dimanfaatkan agar proses belajar mengajar tidak terhenti. Seiring dengan bertambahnya murid, ruang kelas pun didirikan. Jika hujan, bocor. Maka seluruh fasilitas yang ada di GKI Djabar Cimahi, seperti pendopo, pastori, teras dimanfaatkan untuk ruang kelas.
Saat pindah lokasi pada 14 Mei 1964 jumlah siswa mulai dari jenjang TK, SR, dan SMP telah mencapai 270 anak. SMP dibuka Agustus 1963 dengan jumlah siswa waktu itu 6 anak dan kepala sekolah I. M. Sitorus.
Karena ruang belajar yang tidak memadai, pengurus mulai Agustus 1964 membangun gedung sekolah sederhana di kompleks GKI Jabar Cimahi. Setahun kemudian gedung sekolah baru tersebut sudah dapat digunakan.
Andreas adalah nama sekolah-sekolah Kristen yang ada di lingkungan BPK PENABUR Cimahi. Nama 'Andreas' sengaja dipilih untuk mengingatkan jemaat kepada si pemukat ikan yang dipilih Yesus Kristus menjadi salah satu murid-Nya. Diharapkan sekolah-sekolah Kristen Andreas

0 komentar: