N2K BPK PENABUR sebagai DASAR PENDIDIKAN

Selasa, 09 Februari 2010

Ilmu Pengetahuan terus berkembang dan dikembangkan demi memenuhi tuntutan dan kebutuhan untuk memperbaiki mutu kehidupan dan mutu kemanusiaan. Perkembangan ilmu pengetahuan yang seperti itu hanya mungkin terjadi jika ada karakter baik yang sekaligus terbentuk dalam diri orang berilmu.

Orang berilmu yang tidak berkarakter-baik penggunaan ilmu pengetahuan yang dimiliki hanya untuk kepentingan diri sendiri meskipun perbuatannya itu dapat menghancurkan mutu kehidupan dan kemanusiaan itu sendiri.
BPK PENABUR adalah sebuah institusi pendidikan Kristen di bawah naungan Gereja Kristen Indonesia. Sekolah-sekolah BPK PENABUR mempersiapkan murid dan siswanya pada segala sisi, dengan harapan agar lulusan mampu menjawab tantangan masa depan. Menjadi orang yang berkarakter dan cakap.
Dalam berupaya untuk menjadi lembaga yang benar-benar dapat memberikan kontribusi kepada Negara dan Bangsa khususnya, dan kepada Mutu Kehidupan dan Kemanusiaan pada umumnya, BPK PENABUR menetapkan Visi : Menjadi lembaga pendidikan Kristen unggul dalam Iman, Ilmu, dan Pelayanan, dengan Misi : Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal melalui pendidikan dan pengajaran bermutu berdasarkan Nilai-Nnilai Kristiani.
Nilai-Nilai Kristiani (N2K) BPK PENABUR, secara sederhana sehingga mudah dikomunikasikan kepada semua lapisan masyarakat, dapat dijelaskan sebagai berikut :
N2K BPK PENABUR bersumber dari Alkitab dan berpusat pada Yesus Kristus. Aspek-aspek atau sudut pandang pengembangan dalam praksis merupakan hasil refleksi kristiani atas iman kepada Yesus Kristus dalam konteks pendidikan dan dunia, kini dan masa yang akan datang.
Dalam kesadaran agar melalui pendidikan di BPK PENABUR terbangun manusia yang utuh dan memiliki integritas sebagai ciptaan Tuhan yang baik adanya. Alumni BPK PENABUR dicita-citakan akan menjadi insan yang mampu mengasihi dirinya, mengasihi orang lain (sesama) dan mengasihi (menjaga dan memelihara) lingkungannya.
Cinta Kasih adalah nilai inti (core value) ditabur dan ditumbuhsuburkan dalam diri setiap murid dan siswa. Dibimbing, dilatih, dibiasakan, dikembangkan kesadaran dan pemahamannya sehingga perbuatan-perbuatan yang berdasarkan cinta kasih menjadi kegemaran bahkan bagian dari karakter dan kepribadian.
Nilai-nilai luhur lain yang mendasari karakter manusia memang ada banyak, N2K BPK PENABUR mengangkat 3 nilai yang diutamakan, yaitu Kebenaran (truth), Kerjasama (cooperation) dan Damai sejahtera (peace). Nilai-nilai memang banyak, sebagaimana halnya warna, banyak warna yang bisa ditampilkan, dan kenyataan praktis menunjukkan dengan mengkombinasikan warna Merah, Kuning dan Biru telah dapat dihasilkan beratus-ratus warna lain yang indah-indah di atas kertas putih. Cahaya bening dari mentari itu ternyata merupakan paduan harmonis dari warna pelangi yang indah
Sekarang ini sekolah-sekolah BPK PENABUR bergiat melakukan pendidikan Karakter berbasiskan N2K BPK PENABUR. Keyakinan yang ingin diwujudnyatakan adalah, karakter baik murid dan siswa akan membuahkan prestasi akademik yang baik. Prestasi yang benar-benar dapat dipertanggung jawabkan, karena berkembangnya secara optimal talenta yang dimiliki.
Pada tahun-tahun ini pendidikan Karakter berdasarkan N2K masih berada di kegiatan yang disebut ”kegiatan pengembangan” atau ekstra kurikuler. BPK PENABUR mencanangkan tahun 2008/2009 sebagai Tahun Kejujuran dan Keramahan. Pendidikan Nilai : Kejujuran dan Keramahan akan menjadi praktek masal dari warga BPK PENABUR. Tahun-tahun selanjutnya akan diangkat nilai yang lain sebagai fokus. Pendidikan karakter berdasarkan N2K BPK PENABUR akan terintegrasi dalam kegiatan kurikuler dan juga terefleksi melalui budaya sekolah BPK PENABUR. Pembinaan dan pendidikan terus digiatkan sejalan dengan langkah menyongsong masa depan yang cemerlang, di samping membangun identitas komunitas BPK PENABUR.

0 komentar: